Selasa, 18 Desember 2012

1G 2G 2,5G 2,75G dan 3G


Materi disampaikan tanggal 20 November 2012

Sejarah 1G 2G 2,5G 2,75G 3G
Huruf “G” pada setiap penamaan di atas merujuk pada generasi, hal ini berarti bahwa 1G berarti Generasi pertama, 2G Generasi kedua dan selanjutnya. 1G 2G 2,5G 2,75G 3G adalah urutan dari generasi, tapi tidak menyebutkan generasi dari apa tapi yang dimaksud adalah generasi dari teknologi layanan data dan komunikasi wireless, khususnya untuk mobile phone.

1G (Generasi Pertama)
1G pertama kali ditemukan pada tahun 1980 ketika AMPS di amerika bekerjasama dengan TACS dan NMT di eropa membuat terobosan di teknologi jaringan. 1G adalah standar baru dari teknologi jaringan. Dengan sebuah ponsel generasi pertama yang tercipta mereka membuatnya sangat serius dengan kualitas kuat dan handal yang pada akhirnya tersebar ke seluruh dunia. Ada 2 sistem yang mewakili dari generasi ini yaitu GSM dari eropa yang muncul lebih dulu dan CDMA dari amerika. Keduanya sama-sama memiliki fitur CSD sehinggan transfer data lebih cepat dengan kecepatan sekitar 14,4 kbps.

2G ( Generasi Kedua)
Pada awal tahun 90-an pertama kalinya muncul teknologi jaringan seluler digital yang hampir bisa dipastikan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan 1G seperti suara lebih jernih, keamanan lebih terjaga dan kapasitas yang lebih besar.

Kelebihan GSM          :
·         Kualitas relatif aman dan baik
·         Handset dan penyedia layanan yang tersedia untuk dipilih lebih beragam
Kekurangan GSM       :
·    Ada kemungkinan kehilangan data ketika kartu SIM hilang apabila belum disimpan di memori telepon

Kelebihan CDMA       :
·         Biaya panggilan lebih murah daripada GSM
·         Kualitas panggilan juga lebih baik daripada GSM
Kekurangan CDMA   :
·         Tidak ada ketersediaan berbagai handset di CDMA seperti pada GSM

2,5G
GPRS(the general packet radio service)/ 2,5G adalah terobosan terbaru di generasi kedua ini, GPRS dengan sigap menggantikan CSD yang boros. Dengan GPRS ini pengguna pasti “always On” jika terhubung dengan internet dengan kecepatan 115 kbps.fasilitas GPRS antara lain email,mms,browsing dan internet.
Kelebihan GPRS :
·         Dapat mengakses ke rangkaian LAN
·         Dapat digunakan untuk download/upload file
·         Biaya murah
Kekurangan GPRS :
·         Kecepatan akses yang terbatas
·         Modulasi tidak stabil
·         Koneksi kadang terputus sendiri
·         Tidak ad media penyimpanan

2,75G
EDGE( enhanced data for global evolution) adalah teknologiperkembangan dari GSM, rata-rata memiliki kecepatan 3kali dari kecepatan GPRS. Kecepatan EDGE 384 kbps.

3G ( Generasi Ketiga)
UMTS ( universal mobile telecommunicatin service) adalah perkembangan lebih lanjut dari EDGE. UMTS sering disebut generasi ketiga 3G. Selain fasilitas akses internet, 3G menyediakan fasilitas video streaming,video conference dan video calling. 3G ketika akses memiliki kecepatan 480 kbps. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar