Selasa, 18 Desember 2012

Sistem Operasi


Materi disampaikan tanggal 23 Oktober 2012


  1. SISTEM OPERASI
Sistem operasi( bahasa inggris: operating system : OS adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.
        Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.
Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer,meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol pemainan video untuk super komputer dan server web.
Contoh sistem operasi modern adalah linux, android, iOS, Mac OS X dan microsoft windows.
  1. SISTEM DEKSTOP

Ada beberapa macam sistem operasi yang dapat dioperasikan pada desktop dan laptop, yaitu :
  1. DOS
Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows – Run, lalu ketik cmd.
Microsoft Windows
Windows merupakan sistem operasi yang paling popular dan masih banyak dipakai oleh pengguna komputer didunia. Versi windows yang paling awal adalah windows 1.0, lalu muncul windows 2.1x, windows 3.0, windows NT, windows 95, windows NT 4.0, windows 2000, windows Me, windows XP, windows server 2003, windows vista, windows 7, dan yang akan segera dirilis adalah windows 8.

  1. Linux
Linux adalah sistem operasi yang bebas bersifat terbuka atau open source. Kode yang terdapat dalam sistem operasi ini dapat dimodifikasi oleh penggunanya. Linux sendiri terdapat berbagai macam jenis yang disebut distribusi Linux atau Distro Linux, diantaranya adalah Ubuntu, openSUSE, Fedora, Debian GNU/Linux, Mandriva, Linux Mint, PCLinuxOS, Slackware Linux, Gento Linux, CentOS, FreeBSD.

  1. Garuda OS
Garuda OS adalah sistem operasi yang bersifat terbuka yang user friendly sehingga user yang biasa menggunakan windows pun akan mudah dalam menggunakannya. Garuda OS sendiri dirilis pada tahun 2011 dengan rincian : keluaran tahun 2011, 1.1.5 : keluaran tahun 2011 bulan 5, Cakar : versi non final, dan Final : versi akhir.

  1. Unix
Unix termasuk sistem operasi yang paling awal ada untuk komputer. Unix merupakan induk dari system operasi Linux.

  1. Apple Macintosh Operating System
Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple. Sistem Mac OS dapat di bedakan menjadi dua jenis, yaitu Mac OS klasik dan Mac OS X.

KELEBIHAN DAN KEKURANG SISTEM OPERASI DEKSTOP.
1.) WINDOWS

Kelebihan
  • GUI yang familiar
  • MS Windows memiliki dukungan driver hardware yang lebih banyak dibandingkan Linux.
  • Banyak aplikasi berbasis MS Window

Kekurangan
  • Harga yang mahal
  • Rentan virus dan hacking banyak virus komputer yang menyerang sistem operasi ini
2.  LINUX

Kelebihan
  • Linux adalah sistem yang Open Source
  • Freeware yaitu software yang bersifat free tanpa ada tuntutan dari hak cipta
  • Minimal hardware yaitu tidak begitu membutuhkan hardware yang terlalu besar kapasitasnya maupun biayanya.
  • Stabilitas yaitu stabil digunakan sebagai apa saja, baik Server maupun Client
Kekurangan
  • Sistem operasi yang digunakan sama sekali berbeda dengan Windows sehingga perlu waktu dan tenaga untuk belajar menggunakannya.
  • Penggunaan WYSYWYG (What You See is What You Get) belum bisa secara menyeluruh, sehingga diperlikan trik tersendiri untuk menggunakannya.
  • Sulit bagi pengguna awam untuk beradaptasi

3.) UNIX
Kelebihan
  • Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client pengembangan Java.
  • Stabilitas yang terkenal dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows NT.
  • Telah tersedia sistem operasi Unix versi “hampir” gratis.
Kekurangan
  • Harga sistem operasi komersial yang mahal.
  • Kecepatan inovasi Linux lama kelamaan mendesak sistem Unix komersial.
  • Penawaran sistem operasi Unix versi “hampir” gratis tak sebaik sistem operasi Unix komersial.
  • Driver hardware yang kurang menyenangkan pada versi “hampir” gratisnya.
  • Sedikit software untuk office.
4.) MAC OS
Kelebihan Mac OS
  • Stabil, karena menggunakan UNIX.
  • Multitasking.
  • Tampilan (UI) sangat bagus.
  • Aman dari Malware.
Kekurangan Mac OS
  • tidak multitasking,
  • sistem operasi sangat tertutup dan tidak bisa dipersonalisasi,
  • proses sertifikasi untuk aplikasi baru sangat ketat,
  • aplikasi dan game hanya bisa didownload dari App Store,
  • bluetooth tidak bisa untuk proses pengiriman file,
  • entry teks kurang nyaman.

  1. SISTEM MOBILE
Berikut adalah beberapamacam sistem operasi untuk mobile.
1. Sistem Operasi Symbian
Sistem operasi Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. Symbian OS banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Versi dari Symbian antara lain S40, S60, S9.
2. Windows Phone
Windows Phone adalah sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk smartphone dan PDA. Tampilannya hampir sama dengan  tampilan windows pada desktop atau laptop.
3. WebOS
webOS adalah sistem operasi mobile yang berbasis Linux , awalnya dikembangkan oleh Palm , yang kemudian diakuisisi oleh HP.
4. Sistem Operasi Blackberry
RIM menyediakan sistem operasi multi-tugas (multi-tasking operating system – OS) bagi BlackBerry yang memungkinkan penggunaan secara intens dari sebuah alat. OS menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel melalui e-mail dan calendar Microsoft Exchange Server, dan juga e-mail Lotus Domino. Sementara OS 4 yang terbaru merupakan pelengkap dari MIDP 2.0, dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalender, dan lain-lain.
5. iOS
iOS adalah sebuah sistem operasis berbasis perangkat mobile buatan apple yang bekerja pada perangkat iPhone, iPod touch, dan iPad. i-nya sendiri mungkin dimaksudkan sebagai perangkat yang selalu terhubung dengan internet sebagaii cloud utamanya, tetapi juga mewakili desain perangkat yang futuristik dan prestise seperti yang selama ini melekat kepada produk-produk buatan Apple Inc.
6. Android
Sistem operasi untuk handphone yang akan diluncurkan Google. Android berbasis Linux sehingga termasuk open source.
7. Palm OS
Sistem operasi yang digunakan pada PDA keluaran PALM.
8. Maemo OS
Maemo adalah sebuah sistem operasi terbaru dari sebuah vendor besar Nokia yang digunakan oleh device terbatas Internet Tablet yaitu seri N770, N800, N810 dan N900. Sistem operasi ini lebih mengkhusus diperuntukkan bagi mereka yang lebih mengutamakan aktifitas internetan dan browsing ketimbang voice atau komunikasi.
9. Bada Samsung
Bada Samsung adalah OS yang dikeluarkan oleh Samsung untuk perangkat mobilenya.
10. Nucleus OS
Nucleus os adalah sebuah operasi real-time yang efisien , sistem dengan manajemen database, USB,
jaringan, multimedia dan dengan kemampuan user interface. Biasanya OS ini terdapat pada HP China.
11. Java
JavaOS adalah sistem operasi dengan Java virtual machine sebagai komponen fundamental. Java dikembangkan oleh Sun Microsystems.

KESIMPULAN:
Jadi kita harus benar-benar tahu sistem operasi manakah yang sesua dengan kebutuhan kita bukan sesuai dengan keinginan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar